Monday, October 8, 2012

Polah ABG di Atas Motor

Beberapa hari yang lalu saya melihat langsung motor jatuh di jalanan di depan rumah.
Awalnya kaget pas denger ada suara decit-mendecit dan suara 'brukkk'.. pas diliat ternyata suara motor selip di jalan. Motor yyang ditumpangi 3 remaja tanggung tanpa menggunakan helm ini ngga jelas nabrak apa, atau menghindari apa, kok sampai bisa slip gt.

Kejadian ini bikin saya kesel liatnya. Kesel karena tiap hari disuguhi pemandangan yang melanggar hukum, banyak sekali anak-anak bahkan yang belum baligh sekalipun sudah bisa mengendarai motor matic di jalanan yang ramai ini. Saya yang memang hampir tiap hari mengantar Azki ke sekolah dengan naik motor jadi waswas. Kalo berhadapan dengan mobil atau truk, itu enak lah ya.. kan lebih gede dan kliatan baik itu posisinya dari depan atau belakang atau lagi mau nyebrang dari kiri or kanan. tapi kalo motor, apalagi yg nyetirnya itu ABG atau mbak2 yang kayanya punya SIM aja nembak, itu agak  susah dideteksi. tau2 aja nongol, tau2 aja nyalip dari kiri. Ggrrrrhhh..

Seperti yang kita tau.. kalau ada kecelakaan yang melibatkan motor dan mobil,, secara kasat mata yang salah biasanya mobil. terbukti supir mobil biasanya kabur, hehheee.. Padahal belum tentu lhoh.. apalagi yaa.. makin banyak pengendara motor yang makin brutal cara nyetirnya. Hadeuuuu.. yang paling ngaco adalah saat si pengendara motor dengan gagah berani ngebut di jalur busway. Bahaya ga cuma dari bus transjak, tapi dari kondisi fisik si jalan itu sendiri,, banyak yang bopeng kan.

Nah, di daerah sini sendiri, sudah sering terjadi kecelakaan motor. Yang paling serem itu saat terjadinya kecelakaan motor vs trailer. ya kalah lah yaaa.. si motor. pengendara wafat di TKP. Kejadian horor kaya gini ga bikin kapok pengendara motor lainnya.

Kalo saya pikir2 sih ya.. kejadian kaya gini adalah hasil dari proses yg relatif panjang. Dimulai dari peran orang tua. Kenapa sih orang tua ngasi izin ABGnya nyetir motor? biasanya alasannya: ribed ah kalo musti nganter2 mulu, mending suruh aja si bocah nyetir sendiri, ortu jadi ga repot.  lah ya kalo ga mau repot, kaga usah punya anak aje bos! *mulai ekstrim deeeh* Hmm... okelah kalo emang anaknya disuruh naik motor sendiri. Trus ga usah dibekali ilmu safety driving, gituh? trus kalo ada kecelakaan, pengennya nyalahin orang lain, gituh?

Whoooossaaaaaahhh...
tenang.. tenang..
udah malem
bobo dulu

*postingan ga berujung

2 comments:

yuniar said...

yaah ga ada fotonya ga seru?*eh liat kecelakaan kok seneng!!*
iya miris banget, apalagi kalo pake acara pencet-pencet hp sambil nyetir motor -_-

mommy-azki said...

Yuniar: ini hoax, makanya ga ada foto, wkwkwk.. ya mana sempat moto,,nontonnya dari dalem rumah sih :D