Tuesday, December 27, 2011

Baby Blues

Dulu, sebelum Hiro lahir, saya kira saya akan terbebas dari yang namanya Baby Blues. saya kira saya akan mengalami Baby Jazz atau Baby Rocks, hehee..
Saat persalinan yang pertama, jelasss saya mengalami baby blues. Penyebabnya karena ya..jadi ibu baru sembari menjalani LDR, padahal tantangan menyusui itu bener2 Masya Allah butuh support!

Pascakelahiran Hiro, sekitar 5 minggu yang lalu, pertama kali pulang dari RS sih ga da masalah ya. aplg selang sehari datanglah tenaga ekstra untuk mencuci baju, dan ada pula mama datang dari Solo jadi temen ngobrol. ada juga emak (ibu mertua) yg beberapa hari pertama suka datang membawa rantang makanan.. walopun harus sendirian memandikan bayi yang belum puput tali pusat (karena si tukang mandiin bayi ngambek gara2 saya banyak request) well...'Banyak Request' adalah penyakit saya setiap punya asisten, walhasil itu asisten kabur dengan sukses :D

Lepas minggu pertama, saat mama kembali ke Solo, dimulailah kehidupan yg sesungguhnya *lhah jadi..seminggu kemarin, hidup di dunia lain?ehehee*

Hidup di rantau (buat suami ya ngga di rantau dong ya..ini mah halaman rumah dia :D) dengan 2 tangan musti pinter2 punya strategi gimana caranya bisa ngeberesin rumah dan tetep masih waras. Nah kalo saya,, beberes rumah udah,, tapi tingkat kewarasan agak2 menurun, walo belum perlu check in ke psikiater *amit2 jangan sampai...*

Saya mencoba menyusun rundown acara harian saya..bangun musti jam berapa..mandiin Hiro jam sekian..siapin sarapan jam berapa.. nyapu-ngepel baiknya kapan..sampai ngebut naik motor ke pasar strateginya gimana.. Fyuhhh...ternyata walopun sudah bikin rundown, tetep aja realitanya ga seindah rundown :D belum lagi kalo kena mood swing.. karena kalo malamnya diajak 'bermain' sama Hiro, otomatis rundown acara jadi ga kepake. kalo dah gitu, seharian ga ada kerjaan rumah yg serius dikerjakan.

Yang kaya gini nih bikin saya sedikit gila. kadang saya jadi diam seharian karena lunglai bin bete. apalagi kalo Azki pulang main sambil jajan makanan warung... arrrggghh... sampai2 saya merasa bahwa pekerjaan saya sharusnya hanya berotasi di sekitar Hiro. Mandiin Hiro, nyusuin Hiro, makan yg banyak demi Hiro..that's it! tapi bagaimana mungkin..????

Yaah.begitulah. mungkin ini yang namanya Baby Blues. Tapi saya lebih suka bilang ini stress. Dan seperti yang sudah-sudah,,kalo saya stress, penyakit eksim saya kumat. Bener2 ga gaul, ga gaya, ga elit. Penyakit kok ya eksim. Tapi begitulah yang terjadi.. saat pertama kali pindah ke Tangerang, si eksim ini datang bersilaturahmi sekiitar sebulan deh..trus undur diri. Saya langsung bahagia menikmati kulit mulus saya, sampai akhirnya kenalan lama itu dateng lagi bulan ini. grrrr....-___-" mau disalepin pake apa juga ga mempan, wong obatnya hanyalah self healing, self control, self defense, selfish,,hehee...*ngaco*

Intinya memang pengendalian diri, stress-ga stress tergantung bawaan lahir, eeh..pembawaan masing2, mau dibawa ke mana. kebetulan saat ini saya mau bawa2 ke stress zone. Nyasar sih sebetulnya, makanya mau nyari penyembuhan alternatif, wkwkww.. oya, stress buat saya kadang berimbas pada kelemotan. Suka lupa mau ngapain..untung ga lupa sama suami, hihihi.. Pernah juga suatu hari, dengan proses yang sangat ajaib,, rundown acara di satu hari berhasil saya selesaikan *hurraaay..mission accomplished* saat sedang berkaca, saya berpikir,,asa ada yang kurang dari diriku..kurang apa ya? cantik udah, langsing udah (musnahlah 14 kg dalam 1 bulan),, hmm,,, apa yaa? oh ya ampyuun..saya BELUM MANDI dari KEMARIN PAGI !!




5 comments:

Lidya - Mama Pascal said...

eksim itu timbul bisa karena stress mbak baik yg disadari atau tidak. lebih sulit ya mengurus abak LDR

nurmaliyanti said...

Hwahahahaha Laailyyy.. apa kabaaaarr..? :D aku baru mampir ke blogmu, dapet dari grup ITBMh.. hihihihi lucu banget sih postinganmu.. btw slamet yaaa atas kelahiran Hiro *aku telat banget emang.. tapi kamu pasti ngerti ibu2 yang baru punya bayi dan ga ada ART tanpa smartphone yang bisa mempermudah akses dunia maya.. jadilah ketinggalan banyak informasi hekekeke... semoga kamu dan keluarga sehat selalu ya Ly.. pengen ketemuuu.. udah lama banget kayanya kita ga ketemu yaa.. btw aku jg eksim! di kaki dan tak kunjung sembuh sejak hamil hehe.. berarti itu indikasi aku jg masih bawa2 stress ya hehehehe :P salam cium buat Azki + Hiro yaa ;)

Laily said...

@ Lidya: yep, memang stres yg bikin eksim kumat..musti ahli dalam stres management nih :D

@Nur: yah penderita eksim ngumpul deh :D tinggaldi bandung kan ya Nur? ntar lah klo bisa lama liburan di bandung, coba nyempetin ketemuan ^__^

Marissa Fauzia said...

Hwaaa lailyyyy *peluk*
Tp hebad euuy bs ngurus 2 anak tanpa art. Akupun menyadari kecendrungan babyblues itu krn hobi ku kan tidur, tiba2 ada baby yang jam tidurnya tak menentu begini...tentunya akan stress! Makanya di bdg ampe nabil 4 bulan biar bs diasuh rame2 :p.
Di pku pun cuma bertahan sebulan tanpa art soalnya lgsg sutriss, hihihi
Semangat yaaaa..

Laily said...

@Marissa: Nabil kan anak pertama,,wajar kamu kaget terpana shock gitu, hehee.. sama dong, aku dl n azki 4 bulan di rumah mama.begitu ke tangerang, cm betah sebulan tanpa ART. wah sama bangeeetttt :D ya sekarang sdh bisa lah ya dihandle sendiri, kecuali cuci-setrika. ayo Semangaaaattt!!