Wednesday, September 21, 2011

Dakwah di Jejaring Sosial

Beberapa waktu lalu saya membaca status FB ex teman kerja saya yang menyatakan, "ga suka deh sama orang2 yang ngumbar ibadahnya di FB,,ini mau nyombong, pamer, apa riya' sih". Hmmm.... saya ga tau pasti sih, ibadah kaya apa yg dinyatakan sbg "pamer" itu.

Kalo dicermati, memang sih.. ada bbrp teman FB yang suka meng-update status berupa kutipan ayat2 dari kitab suci, atau dari motivator, atau dari ustadz tertentu, atau yang diinspirasi oleh kitab suci tapi dimodifikasi dikit bahasanya. Selain meng-update status semacam itu, ada pula yg statusnya semacam gini nih "ntar sahur pake apa ya?" di hari selain bulan Ramadhan. Sebagian pembaca status menganggap status2 kaya gini nih annoying, sok pamer, riya', blablabla...

Saya sendiri kadang merasa risih, tapiii.. sering juga merasa tertohok. Aplg kalo yg nulis status model begini "besok senin, puasa yuk", secara yg pasang status adalah karyawan yg kerjanya udah ketauan capeknya,,masa saya yg cuma nongkrong di rumah ga kena panas masih berat puasa sunnah? Atau ada juga yg pasang tweet "hari gini sedekah pake senyum?emangnya yang laper bisa jadi kenyang?" yaaah pokoknya tweet/status nonjok model itulah..

Biasanya sih tanggapan orang": ibadah ya buat sendiri aja, ngapain dipamer-pamer. atau,, sedekah kok bilang" nominal, jadi ga ikhlas tauuk.. Hadeeuu..ada profesi baru nih: Auditor Amal.

Kira-kira, lebih banyak pembaca status/follower yang sinis atau yang termotivasi ya?
Daripada uring-uringan -ga baik buat kesehatan jiwa- mendingan berprasangka baik saja, bahwa ada orang yang mengajak kita ke jalan kebaikan. Bagi yg suka posting status seperti itu, yaa sudahlah,, ga semua orang suka dengan apa yg tertulis. keep on doing this-lah..:)

1 comment:

Lidya said...

kalau aku pasang status pemenang arisan Buku,gimana ya bun :) termasuk riya kah? mohon masukannya