Monday, September 5, 2011

Berbagi THR


Eits, ini bukan tentang THR yang sering diterima karyawan yaa.. tapi suatu istilah yang digunakan orang2 di kampung sini untuk menyebut hadiah/parcel berisi sembako/makanan.

Biasanya bingkisan alias THR ini dibagikan saat bulan puasa menjelang hari raya oleh pemilik warung kepada pelanggannya. Isinya biasanya sirup dan atau biskuit sekaleng. Saya sendiri tahun lalu pernah mendapat THR berupa sirup dan makanan ringan dari warung pulsa langganan saya. Eh tapi sirupnya saya buang ding, soalnya tingkat kecerahan warnanya agak2 mencurigakan, hehehee.. Kalo tahun ini, alias lebaran kemarin, saya kebagian ceritanya aja :D cerita bahwa tetangga saya mendapat THR dari warung Pak Diding, hehee.. lagian saya jarang belanja di warung Pak Diding, soalnya di depan rumah sudah ada agen sembako yang harga jual sehari2nya lebih murah :D minusnya, si agen ini ga bagi2 THR kalo lebaran. Ah tapi gpp, yg penting saya suka dapet diskon harga telur dan gratisan kardus bekas buat saya packing barang2 bekas utk diloak :)

Cerita seru si THR ini adalah kalau ada warung milik pribumi yang ga bagi2 THR, pasti diomongin yg ga enak :D (oya, agen sembako saya adalah non-pri, jadi ga diomongin).
Misalnya nih, warung milik suku X di sebelah rumah saya, ga bagi THR. Tnyata karena dia ga ngerti urusan bagi2 THR ini, tapi teteup aja tetangga sebelah saya yg dapet THR dari Pak Diding tadi, ngomel2 :D
Trus ada lagi penjual es kelapa muda di sebelah warung X tadi. Tahun lalu dia bagi2 es batu ke tetangga sekitar karena tahun lalu (menjelang lebaran) pas musim ujan, jadi dagangannya kurang laku. Nah tahun ini kan udah 3 bulan ga ujan, otomatis ga ada doong bagi2 es batu. Inilah yang dijadikan momentum untuk 'menghujat' si tukang es kelapa. Kasian ya..

Ternyata kata suami, memang kelakuan orang sini sudah begitu. Kalau kita sekali ngasih sesuatu, tahun depan kita harus melakukan hal yang sama, ga peduli gimanapun kondisi bisnis kita. Jadi mending,,kalo mau ngasi sesuatu, jangan berhubungan dengan peristiwa atau hari besar tertentu, jadi ga bakalan ditagih secara periodik :D

5 comments:

Lidya said...

serba salah ya, berbagi atau tidak jadi omongan

mommy-azki said...

hehe, iya. kalo berbagi, ntar bentuk THR-nya dibanding2in dengan warung lainnya. Kalo ga dibagi, disewotin satu kompi ibu-ibu :D

BunDit said...

Wah, seru jg ya dpt thr dr warung langganan kita hehe. Sy suka beli aqua galon di ruko perumahan kok gak dpt ya hahaha. Tp kasian jg ya penjual jd diomongon kl gak ngasih ..

Allisa Yustica Krones said...

Kalo gitu mah kasihan banget ya mbak... Benerlah kata suaminya, mending kalo mo ngasih2 pas gak di moment2 hari raya aja supaya tar gak ditagih2 lagi... Bikin serba salah ya, tapi seru juga sih ada THR yang dibagi2 sama warung, hehehe

mommy-azki said...

@Bundit: diusulkan saja Bund, ke yg punya kios galon. kalo di kios galon langganan saya, tiap beli refill galon, dapet kupon yg bs dituker piring--gelas, hehee

@Allisa: benerr,,jd niatnya hadiah aja ya, bukan THR, hehee