Friday, November 26, 2010

Solo Nowadays

Rasanya aku terakhir kali di Solo januari lalu, tapi kok baru sekarang sadar ada beberapa hal baru di kota ini. Mungkin ga baru, aku-nya aja yg jarang ke sini :p

Di Solo sekarang banyak sekali klinik2 kecantikan. dari yang statusnya terakreditasi sampai terdegradasi *halaaaah*. Pas aku tanya ke mama, jawaban beliau: Pancen ngono kuwi, saiki ra ono wong elek ning kene, raine do kinclong kabeh. Terjemahannya kira2 begini: ya memang begitu, sekarang ga ada orang jelek di sini, mukanya bersinar semua. Tapi kok mama ga ikutan? "ngene wae bapakmu wis seneng kok" alias, Gini aja bapakmu dah suka kok. Huahahaha...GR stadium IV.

Di Solo banyak sekali warung dengan menu "steak", "rib", "tenderloin", "fish n chip". dari yg memang enak sampe abal-abal, dari yg empuk sampe yg kaya sandal jepit.

Mall memang masih dikit, Solo Grand Mall dan Solo Square, tapi pengunjungnya sudah banyak yg berlogat "luar Solo". Tandanya makin banyak calon investor. Sayangnya belum ada XXI :(
Eh walopun mall masiih dikit, tapi sekarang sudah mulai ada apartemen lho (bangga banget kesannya). Ya mungkin sekarang ga kerasa penting, tapi mengingat tingkat kepadatan yg tinggi, mungkin bbrp tahun ke depan demand untuk apartemen bisa meningkat.

Di Solo ada Hoka-hoka Bento :D:D baru buka tanggal 13 November kemarin di Solo Square. Walah diriku sudah mabok Hokben, ternyata di Solo malah baru buka :p

Mulai banyak jasa laundry kiloan, tarifnya Rp 3.000/kg. Tapi masih kalah sama Bandung, walopun tarif Rp 7.000/kg tapi mau sejauh apa juga ada jasa antar jemput cucian. Coba ya tarifnya dibuat Rp 4.000/kg tapi antar jemput, pasti org ga keberatan.

Semakin dikit org kampung deket rumah yg mau jadi ART poco'an alias pulang hari. huhuhu..kemana lagi harus mencari...*tangisan utinya Azki*

Sekarang ada armada bis kota kecil yang ber-AC jurusan Palur-Kartosuro (sejauh sekitar 26 km) dengan tarif jauh-dekat Rp 3.000. Susunan bangkunya persis banget sama metromini dan kopaja. Cuma ga pake ngebut, ga pake umpatan2 supir, ga ada rokok. tapi kelakuan ngetem masih ada, terutama di Pasar Klewer. dengan naik bis ini, pergi ke stasiun purwosari untuk naik kereta ke jogja, atau ke kerten untuk ganti bis ke semarang, jadi gampang.

Ada juga bis semacam bis transjakarta, namanya Batik Trans. Jalurnya yang arah barat-timur membentang sepanjang Jl. Slamet Riyadi, dengan halte khusus yang kecil kaya bilik telepon umum. Tapi jalur dari timur ke barat lewat mana ya? kok aku belum pernah lihat..Ga bisa review ya soalnya belum pernah naik.

Toko Batik tentunya makin menjamur. Untung ga perlu diobati pake daktarin, hehehe,

Sekolah2 sekarang tampilannya bagus baguuus..mulai dari sekolah reguler sampai level SSN (Sekolah Standar Nasional) ataupun RSBI (Rintisan Sekolah Bertarif, eeeh Bertaraf Internasional) yang ga jelas tujuannya itu,,, semuanya nampak makmur. Semoga kualitas didikannya sebagus tampilan fisik sekolah tsb yaa :)

Sekarang mudah sekali mencari kebutuhan muslimah: baju muslimah sampai fasilitas muslimah, macam salon dan kolam renang. Di dekat rumah, di kauman, ada salon yg judulnya salon khusus wanita, tapi kapsternya cowo. walahhh...sama aja boong dah. Alhamdulillah sekarang di kauman ada salon khusus muslimah,,*tapi belum nyoba masuk :p*

Soal kolam renang...ini nih, barusan tadi pagi nyobain kolam renang Isyka. tempatnya di area manahan. Di sini bener2 harus muslimah, bahkan yg ga pake hijab harus nyodorin KTP. Kolam renangnya ada dua, kolam anak (30 cm) dan kolam dewasa (1-1.3 m). airnya bersih banget, semi indoor (jadi berenang siang bolong pun ga masalah). Di sini bisa sewa alat renang: baju renang, pelampung papan, kacamata renang, pelampung leher untuk bayi, dan pelampung lengan. Yang ga ada tuh snorkle dan sepatu katak *ya eyyalaah, ini kan renang, bukan snorkling* tarif masuknya cuma Rp 10.000. Untuk azki kena Rp 7.500. Pelanggan kolam ini banyak keturunan Arab, yang baju sehari2nya lebar banget, bahkan ada yg pake cadar,,tapi begitu pake swimsuit keren banget dah gayanya :) di kolam ini baju renangnya musti sopan, harus berlengan dan bercelana minimal selutut. selain itu ga boleh poto-poto. Yaaah padahal dah bawa kamera buat motret Azki yang sudah girang banget renang di kolam dalam :(

Di Solo ada juga pedagang kaki lima, tapi sepertinya semuanya sudah ada yg ngatur. Maksudnya ga sembarang tempat ada orang jualan. bahkan ga ada org jualan rokok-permen-aqua di jalan raya.

Ada toko swalayan yang legendaris di sini, namanya Sami Luwes. Umurnya sekitar 40 tahun. kalo di Bandung mungkin setara dengan Swalayan Yogya. Toko ini maju pesat, yg bikin kaget adalah baju bayinya lucu lucuuuuu banget, dan murah (yg biasa belanja di Jakarta lgsg bisa mborong sekodi :D)

Eh ada lagi yg lucu. Kalo di Jakarta, kan ada tuh yg namanya polisi cepek, yg suka ngatur2 kendaraan di tikungan/putaran jalan yg rame. Di Solo juga ada, cuma yg ini legal, lgsg dari kepolisian. Lucunya apa? sudah dua kali aku melewati bapak ini, dan bapak ini selalu bilang "Monggooo" alias "Silakan" setiap mempersilakan kendaraan untuk lewat :D kayanya udah ikut kelas kepribadian nih si Bapak :D

Rapinya kota Solo rupanya membuatnya menjadi kota terpadat di Jawa Tengah. Nah lho, ga rapi salah, rapi juga salah..piye toh :D oya, bbrp minggu lalu pernah nonton acaranya Panji Pragiwa blablabla itu di komportv, eh MetroTV..di sana co-hostnya bilang, bagaimana kalo walikota Solo tukaran wilayah tanggung jawab sama Gubernur DKI..hehehe..sapa tau nanti metromini dipasangin AC semua *Amiiiiin*

5 comments:

BunDit said...

Wah...barusan pulkam to. Emang skr alau pulkam selaluuu aja ada hal baru. Setuju itu usul walikota solo tukeran sama gubernur dki. Walau belum tentu menjamin sukses sih. Periode berikutnya walikota solo suruh nyalonin jd gubernur DKI aja gimana? hehe

mommy-azki said...

kalo jd pemimpin Jakarta, harus sedia budget lebih banyak buat nraktir PKL dan para homeless biar mau pindah :)

qnasakinah said...

hmm mau nnya nih.

"kolam renang Isyka tempatnya di area manahan"

area manahan tuh dmn sih? minta alamat lengkapny donk..

mommy-azki said...

kolam renang Isyka ada di Jalan Adi Sucipto, di apotek Isyka sekaligus Kliniknya Dokter Tunjung. lebih lengkapnya lagi saya ngga tau, tapi sepertinya YellowPages bisa membantu :)

Jati Nugroho said...

dah kejadian walikota solo jadi gubernur dki