Thursday, July 11, 2013

Marhaban Yaa Ramadhan

Alhamdulillaah,, bisa bertemu lagi dengan bulan Ramadhan :) niatan saya di Ramadhan tahun ini: ga mau bolong puasaaa.. malu sama utang puasa yg udah numpuk *tutupmuka pake bedug. Sejak nikah, rekor ga bolong puasa ada di tahun lalu, di mana saya cuma bolong sehari di awal bulan. maklum masih menyusui bayik 9 bulan. jadi kalo disambi puasa, rasanya tiap sore agak berkunang-kunang tapi masih bisa masak dikit2. Sementara rekor bolong puasa ada di thn 2008, karena bertepatan dengan masa nifas setelah melahirkan Azki. Jadi sebulan full ga puasa. naah yg itu tuh yg kayanya belum lunas dibayar puasanya. Ternyata lebih mudah bayar fidyah daripada bayar puasa :D

Ramadhan kali ini saya ambil yang tanggal 10  Juli, ikut pemerintah sajah sebagai ulil amri. Sempet diledekin ayah saya,, "oooh kamu pasti liat bulan pake gulungan koran ya". Biariiin.. daripada ngakunya liat bulan tapi sebetulnya ngintip entah apa itu, weeeekks. Ohya ayah saya udah taklid buta sama ormas yang itu tuuh,, yang ga mau ikut sidang isbat :D Untung aja pas awal Ramadhan kemarin ayah lagi di Bontang. Jadi mama dan adik-kakak saya di Solo tenang menjalankan puasa mulai hari Rabu :D

Jadi gimana Ramadhan kali ini ini? pastinya ada yang berbeda. Kami di sini berpuasa udah ga sama Baba, karena baba sudah berpulang sekitar 3 minggu sebelum Ramadhan :(.  Waktu ada Baba, hampir tiap sore dapet cemilan buat buka puasa. Enak, ga usah beli,, karena kalo beli pastiii kena macet dan ngantri. Ramadhan kali ini juga berbeda karena saya punya ipar baru. Jadi adik ipar saya menikah bulan Mei lalu, so istrinya bisa saya sebut ipar kan yaa? Yaa enaklah ada yg mbikinin menu buka puasa juga, hueheheee..

Tentunya ada target selama Ramadhan ini. Target yang berulang tiap tahun tapi ga pernah kesampaian, yaitu khatam baca Qur'an. heuuu... susah yaaa nyempetin tadarus, apalagi kalo disambi posting blog begini :D. disambi ngeblog, nge-WA, nge-FB, hahahhaa..untung twitter udah di uninstall. Tapi yaaa.. saya pribadi lebih sreg untuk tadarus sambil diresapi baca arti dan tafsirnya daripada cepet-cepetan khatam, mengingat selama ini sudah terlalu lama didoktrin "Ramadhan harus khatam", tanpa tau apa sih isi Qur'an yang saya baca itu.  Belum lagi urusan anak dan dapur yg kudu beres juga. Urusan dapur ini bisa masak sendiri, ataupun subkon saja ke warung padang, hehee.. Jadi yaaa sudahlah,,, asal niatnya ibadah pasti dapet pahala kan ya termasuk saat merelakan jatah  waktu tadarus untuk membacakan buku kisah nabi ke anak-anak :) *manusia minim target* tapi biarpun lebih memilih tidak khatam Qur'an, saya berniat banget ga absen sholat tarawih dan dhuha tiap hari. Hmmm... bisa ga yaaa.. Resolusi baiknya ditulis begini "biar ga lupa",, bukan "biar memotivasi" :D

Ngatur menu? hihihihi..kalo pake weekly menu planner lebih banyak sayur mentah yang dibuang sih. Faktor M,, males dan moody. So belanjanya per hari atau per dua hari. Yang jelas musti ada kurma dan buah buat pembuka sahur dan buka puasa. Udah sejak tahun lalu terbukti sahur dengan buah bikin perut lebih tahan terhadap lapar. Masa buah aja buat sahur? ya enggaak.. kan masih ada opor, macaroni skotel, tahu goreng, tempe gortep,, hahaha.. Meanwhiiile.. buat buka puasa, prefer kurma dan buah potong/jus buah saja. karena kalo mau maksain beli.. heuu udah males liat jalan yang rameee,, buat nyebrang aja susaah. Di sini pan ga kaya benhil yang tersohor itu,, yg segala jajanan tajil buaaanyak yg jual.

Rencana mudik bagaimanaa? huehee Ramadhan baru dapet dua hari udah mikir mudik. Saya mudik ke rumah mertua,, 1 menit jalan kaki :D  habis itu dilanjut mudik ke rumah ortu sendiri. Karena mudiknya H+3, maka dapet tiket kreta di harga relatif normal. Kalo tiket pesawat,, cencunyah masih mahal. gapapalah naik kreta,, sambil berdoa akan ada saatnya kita bisa menikmati kereta cepat Jakarta-Solo dengan durasi tempuh 4 jam :D

Okelakalo begitu... sekian  cerita awal Ramadhan dari Jurumudi Raya. Selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan, semoga lancar semuanyaaa :-*

4 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

selamat puasa mbak. Allhamdulillah mudik ya mbak walaupun naik kereta tetap seru. Allhamdulillah aku dapat tiket pesawat ke Semarang super murah

keke naima said...

'met menjalankan ibadah di bulan Ramadan, Mbak

Anonymous said...

haha jadi ingat rencana subkon menu berbuka untuk besok. MINANG SAKATO, here we come! (baca: ke warung padang)

ndutyke said...

yah kok anonymous sih? maap ya jeung. yg barusan itu, aku.

-ndutyke