Monday, August 29, 2011

Perlukah FTM meng-hire ART?


Pertanyaan ini muncul saat saya, yang basicnya FTM (tapi kadang2 keluar rumah juga) mengamati status bbrp teman di Facebook yang intinya "siap2 repot tanpa ART di hari lebaran". Pertanyaan berikutnya adalah: benarkah akan repot riweuh tanpa kehadiran ART? pertanyaan ini tidak berlaku untuk Working Mothers yaa :)

Sejak menjadi FTM, saya sendiri sudah mulai meng-hire ART utk urusan cuci-setrika dan memasak (pada awal kelahiran Azki). Selanjutnya saat pindah kota, sempat juga mengerjakan semua sendiri sampai akhirnya mendapat ART untuk cuci-setrika. Setelah si ART ini resign karena mau ngurus cucu, saya kembali mengerjakan segala sesuatu sendiri selama 2 bulan, lalu datanglah ART baru yg kerjaannya nambah: cuci-setrika-jaga Azki. Untuk urusan menjaga Azki ini hanya kalau saya keluar untuk urusan kerjaan yang ga tiap hari itu. Hal ini berlanjut sampai akkhirnya si ART ini cuti karena keguguran. Karena kasusnya ini, saya kembali lagi nge-handle urusan cuci-setrika, dan si Mbak fokus ngurusin Azki. Pada faktanya ga fokus juga sih, karena dia nyambi beres2 juga di rumah mertua.
Setelah mengunjungi dokter gizi untuk Azki, saya putuskan brenti bekerja dan ambil alih urusan Azki. Si Mbak saya suruh lagi ngerjain cuci-setrika. Jadi ini ceritanya si Employer-nya plin-plan, kadang nyuruh pegang urusan bersih-bersih, kadang urusan anak :D pasti si Mbak bingung :P biarin deh, yg penting saya sesuaikan bayaran sesuai jobdesc.

Lama2 saya ada rasa ga puas juga dalam meng-hire ART. Suami bilang, saya terlalu perfeksionis dalam hal mencari ART. Akhirnya saya putuskan, Okeh, semua saya kerjain sendiri, ga masalah, anggap aja saya merantau di negeri orang yg mana ga ada ART. Eh tapi kalo ada urusan kerjaan, tetep aja si Mbak tadi saya panggil untuk jaga Azki :p bayarannya per kedatangan. Saya ga bisa bayar tinggi karena mmg banyak request saya yang ga bisa dia penuhi. Yaah resiko dia dong,,masa kerja jagain balita selama 5 jam minta dibayar full 8 jam, hehehee..

Naah..setelah putus-nyambung-putus-nyambung sama si ART, saya menarik kesimpulan bahwa...kalo masih punya 1 anak, mostly belum perlu hire ART. Semua pekerjaan rumah itu ternyata bisa disederhanakan krn memang ada caranya. Apalagi sekarang jaman teknologi, dan lagian kebanyakan dari kita punya suami yg bisa diberdayakan, hihihi.. tapi nanti kalo saya sudah beranak pinak, eh maksudnya saatnya adiknya Azki sudah lahir, bagaimana yaaa... secara mencari ART dari daerah sini agak susah, ibu2nya yg berpotensi di-hire lebih suka nyari kutu rambut dengan sesamanya. Mau ngambil dari luar daerah, blum bikin kamarnya.

Sebetulnya memang msh bisa dibantu suami sih, asal standar kerapian kita diturunkan dikit. Saat membaca cerita2 bagaimana ibu2 di negara seberang sono me-manage pekerjaan domestiknya, ternyata ada satu hal, eh dua lah kira2, yang mayoritas di sini ga tersedia, yaitu Daycare yang dikelola pemerintah/swasta yang lokasinya terjangkau dari rumah dan sistem transportasi yang sistematis. Dua hal ini yang saya baca bisa membuat teman2 saya (yang sudah punya anak) di luar sana bisa kuliah lagi tanpa harus meng-hire ART. Kalo di tempat kita kan mayoritas akan mencari ART atau minta tolong mertua. Kalo saya, nitip ke mertua? hadeuuu.. mertua saya semuanya kerja... saya malah ga tega sama si anak. kembali ke prinsip awal: anggap aja saya adalah FTM di negeri seberang :D Tapi ya untuk dicatat, keputusan hire atau tidak itu ada di tangan setiap FTM. Kadang kan ada yg suaminya ga tega si istri musti berpayah2, atau untuk berbagi rejeki dengan orang yang mau bekerja untuk kita, atau yaaa ada pertimbangan lain.


1 comment:

Lidya said...

saya termasuk orang yang gak puasa juga, jadi FTM tanpa ART deh.sekalisaja punya ART hanya bertahan 2 minggu,sayanya gak betah :)