Friday, December 31, 2010

Meyapih

Menjelang akhir tahun 2010 ini, ada hal yang membuat ibu senaaaang sekali soal Azki. hal itu adalah....Menyapih. Huehehee..akhirnya ini genduk sudah mau dilepas dari kegiatan per-mimi-an.

Telat banget ga siy, secara Azki sudah berusia 24 bulan? keknya ngga ya, wong ponakan ibu nyusunya sampe umur 3 tahun. :D *mencari pembenaran* Sebetulnya ya sebelum Azki umur 2 tahun, ibu sudah mencari2 info tentang menyapih, sampai dapet artikel tentang weaning with love. Pas coba2 dipraktikkan, wuaaah..ngga tega dengan tangisannya Azki. Azki kuat banget nangis selama 2x45 menit, kaya permainan sepakbola. jadi sebetulnya yang ga kuat adalah telinga ayah-ibu :D. Hmm..yaa mungkin belum saatnya.

Nah sekitar hampir dua minggu lalu, ibu coba2 menyapih Azki. Apakah dengan mengikuti cara2 weaning with love dari hasil browsing? entahlah apa cara ini masuk kategori weaning with love..tapi percayalah, weaning ala Laily adalah weaning with love juga kok *maksaaa*. Yang jelas hasil perbuatan ibu ini tidak menimbulkan pertumpahan air mata di kedua belah pihak. yang ada malah Azki yang senyum2, cengar cengir, dan dengan logat betawi berkata: ga bisa mimi lagi dah :D

Jadi yaa, perbuatan ibu untuk menyapih adalah memasang plester!! Hmm..berapa % ya ibu2 bernasib sama yg menggunakan cara seperti ini? kok ibu merasa ini adalah kejahatan kerah putih :D:D Tapi ya itu,,si white lie ini berhasil dengan sukses. Agenda mimi menjelang tidur sudah diganti dengan gegulingan atau gosok2 punggung. Maksudnya ibu ngegosokin-mijetin punggung Azki biar dia tidur. Kadang2 juga ibu ketiduran duluan, sementara genduk cilik ini masih mondar mandir naik turun kasur, mengangkut semua sahabat karibnya ke kasur: guling boneka, boneka beruang, buku Barney, buku hewan-warna-angka,,kasur penuh deh.

anyway,,dalam mengasuh Azki, kadang beberapa item pekerjaan justru sukses tanpa perencanaan maupun tanpa deadline. Yaah macam kegiatan menyapih, toilet training, mandi, sikat gigi, and so on. Ibu-ibu yang lain gini juga ga ya?

3 comments:

Allisa Yustica Krones said...

Huwaaa.... Azki dah berhasil proses penyapihannya ya? Raja belom nih... Tapi yah, gimana mo berhasil klo langkah-langkah ke aras situ aja belum pernah dilakukan oleh mamanya, hehe... Jadi sebenernya sih lebih karena mamanya yang belum rela, xixi

Allisa Yustica Krones said...

Btw, mbak, setuju banget soal 'tanpa perencanaan dan tanpa deadline' itu, ternyata banyak hal dalam pengasuhan anak yang justru mengalir apa adanya :)

mommy-azki said...

menyapih kayana memang perjuangan psikologis juga ya Mam? sebetulnya deadline utk milestone perkembangan anak itu kita perlu tau, asal jangan saklek. Fleksibel dikit laa :)