Friday, December 17, 2010

Azki Minta Jajan

Mulai umur berapa anak mulai ngeh tentang berbelanja?maksudnya, punya keinginan untuk berbelanja?

Utinya Azki pernah cerita, dulu,,era tahun 80-an, anak temannya -ga tau ya umur berapa- suka guling2 di lantai supermarket kalo keinginannya beli makanan ga dituruti. selain guling2, kalo ngambeknya mulai parah, suka masuk ke dalam rok ibunya, kaya masuk ke kurungan ayam gitu lho, hehehe. ya kan ibunya malu doong, otomatis biar brenti, diturutilah kemauannya.

Kalo perilaku Rahma waktu kecil, suka sekali beli makanan yg ada hadiah mainannya. Lihat iklannya di TV, naah pas ke swalayan langsung minta dicarikan makanan yg dimaksud. itu kira2 umur 2.5 tahun. Rahma sih masih kooperatif, ga pake gegulingan soalnya :D

Sekarang gimana Azki ya? ya kira2 samalah kaya tantenya, Rahma. umur 2 tahun sudah sadar belanja. Sebetulnya ibu termasuk jarang mengajak Azki ke warung untuk beli snack. kalo ke hypermarket pun ibu selalu membawa shopping list biar efisien dan efektif dalam menghabiskan waktu dan budget di sana. yang dilewatin pun bukan alley yang menampilkan snack. lebih banyak ke toiletries dan sembako. otomatis kalo sama ibu, Azki jarang terekspos makanan ringan. jadi apa ya yg membuat Azki sadar beli ini-itu di warung? kalo ibu lihat ini pengaruh teman main. Teman main Azki sukaaa sekali jajan di warung deket rumah. Karena ga selalu ada di samping Azki, maka ibu ga telaten juga memantau pergerakan Azki. Selain teman, kadang kakek-neneknya juga berpotensi mengajaknya jajan.

Meanwhile ibu pernah ngobrol2 sama tetangga deket rumah Baba. Dia punya anak umur 4 atau 5 tahun. Ibu tsb mengakui bahwa anaknya jadi sering minta jajan sejak pindah ke daerah ini. Sebelumnya kan keluarga ini tinggal di kompleks yg jauh dari warung. Ibu ini juga ngerasanya 'judeg' -apa ya bahasa indonesianya,,mungkin bisa diartikan resah/risau- karena anaknya sering banget jajan. tapi kalo gaa dituruti bisa ngamuk berat.

Nampaknya Azki sudah menjurus ke arah sana. Kalo ke warung dan ada yg dia suka, Azki akan berdiri memandangi barang incarannya. Ditanyain "mau apa, mau yang mana", diaaaam aja. kalo ibu lagi bad mood, ibu tinggalin aja Azki, dan Azki akan jejeritan ga mau pulang sebelum dibelikan. Tapi anehnya anak ini ga mau ngomong/nunjukin apa yg dimau. akhirnya ibu main tebak2an deh, :D kalo tebakan ibu benar, Azki akan mengangguk. kalo nunjuknya susu atau es krim sih ibu lgsg belikan..tapi kalo nunjuknya makanan ringan abal2, yaa dgn sangat terpaksa tidak dikabulkan.

Jadi untuk mengalihkan perhatian pada kegiatan jajan, ibu membawa Azki ke toko buku aja, atau kalo pas di rumah, diajakin nggambar dan baca buku, atau nemenin ibu masak,,apapun deh yg penting ga ke warung, hehee...

5 comments:

Herien Kriestia said...

yups mom, mirip shishil, tapi shishil kadang2 aja sih keliatan pengen jajannya, ga jarang juga sengaja aybunnya diam aja, ga ladenin shishil nunjuk kesana kemari. Tapi untungnya dia ngerti kalo ortunya emang seleksi banget (baca : pelit) ga sembarangan kasih jajan, jadi ya doi diam aja ga lantas ngamuk2. Dah biasa soalnya hehehe. Kalo bundanya lg bener sih, kadang nanya mau apa, kalo yg ditunjuk biskuit / susu UHT biasanya langsung bunda kasih, kalo chiki2 gitu, no way lah...

BunDit said...

Karena di kompleks gak ada warung jadi Dita gak pernah minta jajan. Tapi kalau diajak ke supermarket, suka sekali ngambilin makanan/minuman yang gambarnya tokoh yang dia kenal, misal mickey mouse, sponge bob, dora dsb, langsung deh dimasukin ke keranjang hehehe. Baru saya scan, mana yang ok dan mana yg tidak. Untungnya Dita gak protes apalagi sampai ngamuk hehehe

Lidya said...

kalau pascal sih sampai skr ga pernah jajan:)

mommy-azki said...

@herien: brati kita sama2 ibu pelit,hueheee..
@bundit:di satu sisi tinggal di kompleks mmg ada segi keamanan untuk anak,,tapi di sisi lain, agak susah akses ke tempat yg menyediakan jasa-barang kebutuhan sehari2,aplg kalo kompleksnya masih baru.
@bunda pascal:syukur deeh kalo gt.

Allisa Yustica Krones said...

Raja juga sudah mulai sadar jajan, mbak. Kalo liat uang, pasti langsung ngajak ke warung, hehe. Tapi puji Tuhan, sejauh ini Raja masih bisa diatur soal mana yang boleh untuknya dan mana yang tidak..

Semoga, aksi gegulingan anak itu hanya gara-gara jajan gak pernah terjadi di kita ya mbak :D