Saturday, November 22, 2008

Birth of dy/dx


Alhamdulillahirabbil ‘alamin…telah lahir putri dari Laily dan Malik yang diberi nama Qonita Nur Adzkia a.k.a Azki pada tanggal 26 Agustus 2008.

Azki lahir di status kehamilan overdue, yaitu minggu ke-41. Perkiraan lahir sih 18 Agustus, tapi karena rahim ibu sangat hangat, Azki jadi betah deh di dalam, hehe..Saat sudah terlambat seminggu dari EDD (estimated Due Date), SpOG-ku dr. Soffin di RS PKU Muhammadiyah Solo memutuskan tindakan induksi. Awalnya aku ga mau, takut euy...tapi ternyata melalui USG, kata dokter plasentanya sudah matang dan cairan amnionnya bisa keruh dan akan berbahaya buat janin. Waaah..tambah serem. Ya suwd laa..aku pasrah sajah diinduksi. Awalnya induksi tablet, tapi ga mempan alias ga da rasa-rasa mules. Terus ditambah dengan induksi infus dan suntik. Nah..mulai ada mules dan pembukaan 2. tapi mulesnya tuh masih bisa ditolerir, buktinya aku masih nyante aja baca koran dan bolak-balik toilet sampe dokternya heran. Akhirnya karena induksi yang sudah selama 20 jam itu ga mempan, aku digiring pula ke ruang operasi. Dingin euy ruangnya, suara pisau”nya juga menambah suasana angker (halah..) Duh..andai boleh request musik yaa..tapi RS ini tidak ada kebijakan seperti itu kayanya. Eh..baru sekitar 10 menit aku gemeteran antara takut dan kedinginan, terdengarlah suara malu-malu “oe..” pendek aja sih, dengan decrescendo dan pianissimo. Ih…dia keluarr!! Ditaruhlah bayi itu di atas dadaku (setelah selesai tes APGAR). Ceritanya mau IMD, tapi gagal karena aku ngantuk, hehe…kan itu pas jam tidur siang, 13.30 WIB.

Aku dan Azki ga pake layanan rooming-in. Kalo pas mau liat Azki, tinggal telpon bagian suster atau minta ayah Azki untuk ambilkan Azki di ruang bayi. Waktu itu belum nyadar tentang Breast Feeding (lemot yaa…padahal kan sudah banyak baca buku, huh)

Akhirnya tanggal 29 Agustus aku pulang dari RS. Statusnya sudah jadi ibu euy, tepat di hari ulang tahunku J Semoga Allah memberi aku dan suami kesehatan dan rezeki yang cukup untuk membesarkan dan mendidik Azki menjadi anak sholihah, Amiin!

No comments: