Saturday, March 21, 2009

Diapers Azki

Disposable Diaper vs Reusable Diaper

Menurut teman2 yang punya baby, mending mana, pakai diapers, popok kain atau diaper yang bisa dicuci? So far Azki sudah mencoba semuanya.

Popok kainnya dilapis pake kain dalaman yang garis-garis kaya selimut Rumah Sakit Daerah itu lho, hehe..ini biar urinenya ga beleber kemana-mana.
Terus secara rutin pake celana plastik. Jadi pake celana pop dulu, baru dilapis celana plastik.
Kalo lagi pergi, pakai diaper deh. Berkaitan dengan harga, diaper yang dibeli buat Azki paling pol ya Mamy Poko. bagus nih, pas lahir langganannya ini. Tahan bocor. begitu udah gedean dikit, migrasi ke Baby Happy dan Sweety.

Sekarang ini..ada sebuah inovasi (ceilee..diaper aja ada inovasinya bo) berupa reusable /washable diaper. Jadi kalo udah beberapa kali kena urine, bisa dicuci dan dipakai lagi. hebat kan? Macem2 produsennya. Yang aku tau (dan mahal punya) itu produknya Mothercare. Belum nyoba sih, habis ga dompet-friendly. udah gitu maintenance-nya juga costly. Well, ada pula Bumwear. Dari online store nya andarastore.multiply.com. Belum sempat ngecek harganya. But disinyalir costly juga..soalnya diimpor dari Singapur ceunah.

Nah ini ada produk anak negeri. Namanya Nice Kids. Dari Bandung euy!! bentuknya celana plastik, tapi di dalamnya bisa disisipin lampin yang ditempel pake velcro (perekat yang kalo dicabut bunyinya 'krek-krek' kaya yang di dompet ituh). Aku pakein Azki ini. Belinya dari online store tokobunda.com. harganya sangat terjangkau..ngga ngajak miskin, hehee. Enak euy, tak perlu sering2 nyebokin apalagi kalo malam. huaaah..ngantuk2 kok maen aer :). Oya walopun bisa menyerap sampe 3x pee, Azki ga kena Diaper Rash lho. pantatnya masih mulus2 aja sampe sekarang (kecuali bercak Mongolian Spot yaa).

ternyata keputusan kecil seperti memakai washable diaper bisa membantu dunia ini bebas sampah. Anda telah berkontribusi menyelamatkan bumi, hehee...eh tapi bener lho. disposable diaper tuh ternyata terbuat dari bahan-bahan yang susah diuraikan secara alami. ada plastik, bahan PVC, trus juga ada yang make Pulp. Kalo make pulp kan otomatis harus menggunduli hutan. Tuh, kecil-kecil dah bisa ngerusak alam, hehee..

Ya walopun demikian, Azki masihlah make disposable diaper kalo pergi2. tapi kan pergi juga seminggu sekali. Tidak terlalu berkontribusi merusak lingkungan ya Bu..(excuse mode)

No comments: